Tutorial Kalibrasi Baterai Secara Manual

Tutorial Kalibrasi Baterai Secara Manual
Baterai pada smartphone merupakan komponen terpenting, karena baterai merupakan sumber daya utama yg digunakan untuk menjalankan software maupun hardware smartphone. Seiring usia baterai, daya tahannya jadi menurun yang dulunya bertahan 5 jam sekarang cuma bertahan 3 jam.
Penurunan daya baterai bisa disebabkan oleh berapa faktor diantaranya kerusakan system smartphone atau kualitas baterai yang buruk.
Namun kebanyakan yang terjadi adalah karena kerusakan system pada Smartphone. Salah satu ciri kerusakan Pada system Smartphone adalah cepat habisnya baterai atau baru saja di isi namun baterai sudah penuh. Jika sudah begitu, maka baterai perlu dikalibrasi agar menjadi normal lagi seperti semula.
Sebenarnya ada 2 Cara meng-kalibrasi baterai yaitu secara manual dan menggunakan, Admin kali ini akan berbagi tutorial meng-kalibrasi baterai secara manual karena cara ini tidak membutuhkan akses root. Berikut ini tutorialnya:
1. Dalam keadaan hidup, charge smartphone anda sampai 100%, setelah penuh cabut charge kemudian matikan smartphone.
2. Dalam keadaan mati, charge lagi smartphone anda, tunggu beberapa menit hingga baterai penuh atau biasanya ada tulisan 100%, setelah itu cabut charge dan hidupkan smartphone anda.
3. Setelah smartphone menyala, charge kembali hingga baterai penuh, setelah penuh cabut charge dan gunakan smartphone untuk browsing,chatting,main game,dll hingga smartphone mati dengan sendirinya.
4. Tunggu sekitar 10-15 menit, kemudian charge smartphone dalam keadaan mati hingga benar benar terisi penuh 100%.
5. Nyalakan smartphone dan gunakan seperti biasa. Sekarang baterai smartphone anda sudah terkalibrasi secara manual. Caraini memang merepotkan, tapi dengan mengkalibrasi baterai menggunakan cara ini, tentu baterai ponsel akan menjadi normal bahkan seperti baru lagi. Terima kasih sudah membaca semoga bermanfaat.


0 Response to "Tutorial Kalibrasi Baterai Secara Manual"

Post a Comment